Breaking News
Loading...

5 Tips Rahasia Dapatkan Pelanggan Baru

5 Tips Rahasia Dapatkan Pelanggan Baru
Hai...para pembaca blog IdePeluangBisnis yang keren dan cantik...Hehehe. Maaf, kali ini admin dapatkan kiriman tulisan tentang cara mendapatkan pelanggan baru dalam memasarkan sebuah keahlian dibidang akuntan publik, namun tips ini bisa lho, kita gunakan untuk memasarkan produk usaha, dan admin berikan judul lagi menjadi 5 Tips Rahasia Dapatkan Pelanggan Baru kita. Tulisan ini, admin terima dari mailing list PengusahaMuslim.com, dengan judul aslinya "5 Cara Rahasia Mendapatkan Klien Baru". Nah, admin rasa tulisan ini sangat berkualitas nggak ada salahnya diupload ulang. Semoga bermanfaat bagi anda semua, dan semoga bisnisnya berjalan lancar.

akuntan publik
5 Tips Rahasia Dapatkan Pelanggan Baru

Salah satu tantangan terbesar yang dihadapi oleh akuntan publik adalah bagaimana cara menemukan klien baru. Di era teknologi dan informasi yang maju seperti sekarang ini, harusnya hal tersebut tidak lagi menjadi permasalahan para akuntan publik. Banyaknya tools marketing yang dapat digunakan juga harusnya bisa menjawab permasalahan tersebut. Namun dalam bidang akuntansi, kegiatan marketing adalah suatu kegiatan berbeda dan menantang. Perlu ide yang “out of the box” agar dapat menjaring klien yang mau menggunakan jasa akuntan publik. Berikut adalah 5 Tips Rahasia Dapatkan Pelanggan Baru mendapatkan klien baru dengan menggunakan beragam tools marketing.

1. Mempublikasikan Artikel
Sebagai seorang akuntan publik, pastinya anda memiliki beragam pengalaman dan ilmu tentang akuntansi, bagaimana membuat laporan keuangan yang baik, bagaimana menyelesaikan permasalahan finansial perusahaan dan lain-lain. Mengapa ilmu dan pengalaman anda tersebut tidak anda tuliskan dalam sebuah artikel yang menarik untuk dibaca dan dipublikasikan secara luas melalui media sosial yang anda punya, website kantor akutan publik anda atau blog yang anda kelola secara pribadi. Cara tersebut tergolong cara yang efektif untuk menjaring pelanggan baru. Orang yang membaca artikel anda akan mengetahui bahwa anda adalah ahli di bidang akuntansi dan keuangan. Dengan demikian akan membangun sebuah kepercayaan dan keinginan untuk menggunakan ilmu dan jasa anda untuk memperbaiki permasalahan akuntansi dan keuangan di perusahaannya.

2. Aktif Berdiskusi di Forum-Forum Akuntansi dan Keuangan
Saat ini banyak forum-forum diskusi akuntansi dan keuangan di internet, mulai dari forum formal sampai forum informal. Jika anda menjadi anggota dari forum diskusi tersebut, sebaiknya anda jangan hanya menjadi silent reader. Aktif lah dalam kegiatan diskusinya dengan memberikan komentar-komentar yang berbobot dan relevan dengan topik diskusinya. Dengan aktif dalam kegiatan diskusi tersebut, anggota diskusi akan mengetahui bahwa anda adalah anggota yang kompeten. Bukan tidak mungkin, dari sekian banyak anggota forum tersebut adalah manager dari salah satu perusahaan yang memiliki potensi untuk menjadi pelanggan anda di masa yang akan datang.

3. Mencari referensi dari Klien Lama
Metode klasik yang sering dilakukan Kantor Akuntan Publik adalah mencari referensi pelanggan baru dari pelanggan lama. Kebanyakan akuntan publik ketika sudah menyelesaikan suatu proyek dari klien akan langsung berpaling untuk sibuk mencari proyek lain. Jarang yang berpikir untuk menjaga relasi dengan “mantan” pelanggan. Menjaga relasi dengan pelnggan yang proyek pengerjaan laporan keuangannyan telah kita selesaikan adalah hal terpenting dalam ilmu marketing jasa akuntansi. Karena dari pelanggan ini lah anda mungkin akan mendapatkan pelnggan baru. Mulai lah menjalin kembali komunikasi dengan “mantan” klien-klien kita. Sekedar bertegur sapa di social media atau mengirimkan ucapan keberhasilan atau ucapan lain di momen-momen tertentu. Jika anda memang memiliki jasa terhadap klien tersebut, anda akan selalu diingat dan mungkin akan direferensikan ke rekan bisnisnya agar mereka juga menggunakan jasa anda. Tapi jika jasa yang anda berikan meninggalkan kesan buruk, hmmm…, anda tahu sendiri jawabannya.

4. Sosial Media Marketing
Setiap hari kita banyak mendengar tentang pemasaran melalui media sosial dan bagaimana suksesnya orang-orang yang menggunakan media sosial sebagai metode pemasaran produknya. Apakah anda pernah berpikir untuk melakukannya untuk jasa akuntansi anda? Mungkin banyak Kantor Akuntan Publik yang tidak terlalu peka dengan marketing tools ini. Padahal diantara Kantor Akuntan Publik ada juga yang memiliki akun media sosial seperti Facebook, Twitter, LinkedIn dan lain-lain. Hal tersebut bisa dimaklumi, karena sebagian besar akuntan belum tentu paham dengan penggunaan sosial media marketing ini. Sosial media marketing memang memerlukan waktu yang tidak singkat untuk dipelajari dan dipraktekan. Namun jika dipraktekan dan diimplementasikan oleh Kantor Akuntan Publik dengan benar, metode ini akan dapat menjaring pelanggan yang lebih banyak dengan biaya yang sedikit. Berani mencoba?  

5. Membuat Infografik
Saat ini, orang sedikit malas membaca artikel yang hanya berisi teks dan tulisan saja. Orang-orang akan lebih tertarik membaca sebuah gambar yang memuat beragam info menarik di dalamnya. Gambar yang memuat info tersebut saat ini populer dengan nama infografik. Ya, infografik saat ini menjadi media pembelajaran yang diminati masyarakat, dan anda perlu meliriknya untuk dijadikan salah satu cara untuk mendapatkan pelanggan. Bagaimana caranya? Mudah saja, visualisasikan artikel yang sudah anda buat dan posting ke dalam infografik. Cara ini memang terbilang cukup mahal karena anda perlu menyewa jasa desain grafis atau animator jika anda menginginkan infografik yang anda sajikan sempurna. Tapi anda dapat membuat infografik sendiri dengan tools dan template yang tersedia di banyak web pembuat infografik secara gratis. Sama seperti mempublikasikan artikel, infografik yang memuat informasi tentang cara terbaik menyelesaikan permasalahan keuangan perusahaan akan membangun kepercayaan pembaca bahwa anda adalah akuntan kompeten dan handal. Sehingga mereka tidak ragu untuk menyewa jasa anda.

Sumber : Artike ini hasil kerja sama PengusahaMuslim.com dengan Zahir Accounting Software Akuntansi Terbaik di Indonesia / Pengusahamuslim.com
Foto : rh.roberthalf.com