Breaking News
Loading...

Pelaku UKM Harus Mampu Lakukan Inovasi Bisnis

Pelaku UKM Harus Mampu Lakukan Inovasi Bisnis
Pelaku UKM Harus Mampu Lakukan Inovasi Bisnis, Assalaamu'alaikum pengunjung IdePeluangBisnis, bagaimana kabar hari ini? Semoga selalu diberi kesehatan dan rejeki melimpah dan halal ya. Sharing bisnis yang kita jalani sampai dengan hari ini Insyaallah masih bisa diaplikasikan dalam dunia bisnis yang kita jalankan.Artikel kali ini akan membahas membahas mengenai pentingnya inovasi bagi para pelaku UKM.
   

Inovasi Bisnis sangatlah penting dan wajib dilakukan oleh setiap pelaku usaha, karena dengan melakukan inovasi tersebut bisnis yang kita jalankan tidak terlihat biasa dan monoton di mata konsumen. Oleh karena itu untuk terus survive di dunia bisnis, perlu untuk selalu belajar tentang apa dan bagaimana cara berinovasi dalam bisnis yang dijalani. Jangan tunggu pasar mulai lesu, baru kita berinovasi.

Baca juga : Pelaku Bisnis Waralaba, Perhatikan 4 Hal Penting Ini
                   Siap Jalani Fase dari Karyawan ke Pengusaha                  
Pelaku UKM Harus Mampu Lakukan Inovasi Bisnis
Pelaku UKM Harus Mampu Lakukan Inovasi Bisnis

Kenapa penting inovasi bisnis bagi para pelaku UKM, karena :


Pertama, tetap tenang, beda itu penting. Beberapa rekan start up bisnis yang baru mengawali karirnya tentu tidak mudah untuk menyusun strategi branding, meski sejujurnya juga tidak benar jika dikatakan sangat sulit. Untuk tetap tampil beda dalam dunia bisnis, ya jangan ikuti yang sudah ada. Maksud saya. Dengan menjadi pembeda pada kategori bisnis yang samapun bisa membuat kita lebih survive dibanding pemain lainnya.

Kedua, inovasi bisnis merangsang pasar. Adakalanya konsumen jenuh dengan cara penyajian bisnis yang kita jalani, sampai pada akhirnya merekapun tidak terlalu “tergoda” dengan bisnis yang kita jalakan. Merangsang pasar memang diperlukan kreatifitas, selalu memperhatikan “How to get something new and fresh”. Untuk mendapatkan inovasi bisnis bisa dengan membaca, melihat dan melakukan survey kecil-kecilan tentang bisnis sejenis.

Ketiga, stay positive. Berpikir positif memang sangat penting, dalam melakukan inovasi bisnispun sangat diperlukan pikiran positif. Karena jika kita berpikir positif, secara otomatis raga kita akan terus berusaha dan berpikir untuk mencari solusi akan inovasi yang akan kita lakukan. Jangan pernah takut jika kita belum berhasil berinovasi, karena akan selalu ada jalan untuk setiap kendala bisnis yang kita hadapi.

Keempat, inovasi membuat kita semangat. Banyak hal yang bisa dilakukan ketika kita mulai jenuh dengan bisnis yang kita jalani. Bahkan karena terlalu monoton bisnis yang kita jalani, kita jadi kurang kreatif dalam mengembangkan bisnis. Disinilah munculnya inovasi membantu kita untuk merangsang motivasi bisnis yang kita miliki. Karena itu, tidak ada salahnya bila Anda menyempatkan waktu untuk sejenak berfikir tentang bagaimana cara meningkatkan motivasi bisnis dalam diri kita.

Kelima, inovasi bisa didapatkan dari bisnis yang tidak berkaitan. Untuk mendapatkan inovasi bisnis, tak hanya didapatkan dari seminar, majalah, ataupun koran. Saya pernah memperhatikan cara pemasaran yang dilakukan oleh tukang tambal ban yang ada di dekat tempat saya tinggal. Dengan dia menceritakan dari awal dia membuka bengkel tambal ban, sampai dia bisa menyekolahkan anaknya di bangku kuliah bisa menjadi semangat untuk kita dalam menjalankan bisnis. Tidak ada salahnya jika kita bertanya kepada pelaku bisnis yang mungkin tidak berkaitan langsung dengan bidang usaha yang kita jalankan.   


Pengunjung yang budiman tentu juga memiliki cara hebat lainnya untuk selalu memperhatikan keberadaan bisnis yang tengah dijalani. Baiklah sekian dulu. Semoga bermanfaat dan pelaku UKM terus lakukan inovasi bisnis.

Baca juga : Kisah Sukses Subakti Berbisnis Pancake Durian 

Foto : jawapos.com