Breaking News
Loading...

Seberapa Pentingkah Testimoni Bisnis Online?

Seberapa Pentingkah Testimoni Bisnis Online?
Seberapa Pentingkah Testimoni Bisnis Online? - Kepercayaan dan kepentingan saling membutuhkan adalah landasan utama dalam setiap transaksi jual beli. Si pembeli pastilah karena memang butuh untuk memenuhi kebutuhannya, begitu juga penjual pun mengharapkan keuntungan dari transaksi tersebut.

Baik transaksi itu offline apalagi pada bisnis online, kepercayaan adalah tolak ukur suksesnya sebuah usaha di kemudian hari. Karena dalam transaksi perdagangan seperti misalnya percaya bahwa produk yang dijual bagus sesuai dengan harga, tidak dibohongi, dan lain sebagainya. Kepercayaan ini muncul karena rasa puas baik akan produknya maupun pelayanan yang diberikan. Kepercayaan ini lebih mudah didapatkan jika kedua belah pihak bertatap muka karena konsumen bisa langsung melihat produknya.

Testimoni Bisnis Online
Seberapa Pentingkah Testimoni Bisnis Online?
Nah, bagaimana dengan bisnis online yang tidak langsung bertatap muka? Bagaimana konsumen bisa percaya dan tidak takut ditipu? Salah satu caranya adalah dengan memilih “lapak” terpercaya yang sudah sering digunakan oleh banyak orang. Selain itu, Anda dapat melihat dari testimoni orang-orang yang sudah menggunakannya. Lalu seberapa pentingkan testimoni bisnis online ini?

Berikut Alasan Pentingnya Testimoni Bisnis Online


Bila Sahabat adalah pebisnis online start up, membangun kepercayaan dengan menggunakan testimoni sudah terbukti sangat efektif dan menjadi hal yang penting dalam bisnis online. Mengapa? Berikut adalah alasan pentingnya testimoni bisnis online :

  1.     Menumbuhkan kepercayaan :    Semakin banyak testimoni yang baik tertulis pada kolom website jualan online Anda, maka calon konsumen yang akan berbelanja pun juga menjadi percaya. Mintalah para konsumen yang sudah membeli untuk menuliskan tertimoninya. Namun hati-hati, bila konsumen kecewa dan menuliskan testimoni yang buruk, maka hal tersebut juga akan menjadi bumerang bagi bisnis Anda. Calon pembeli akan berfikir ulang membeli produk Anda jika testimoni-testimoni yang ada tidak baik dan membuatnya ragu. Segera perbaiki tingkat kualitas bisnis Anda.
  2.     Bukti kepuasan atau ketidakpuasan- bahan evaluasi :    Dalam transaksi tatap muka, respon konsumen dapat langsung disampaikan melalui lisan. Baik ungkapan terimakasih, penawaran, pertanyaan, kekecewaan, maupun kepuasan. Sedangkan dalam bisnis online, ungkapan-ungkapan tersebut adalah dalam bentuk tulisan. Dari testimoni ini dapat dijadikan bahan evaluasi bisnis online agar menjadi lebih baik lagi.
  3.     Bahan iklan :    Testimoni-testimoni dari konsumen yang merasa puas dapat Anda jadikan bahan materi iklan bagi produk Anda. Biasanya  testimoni tersebut di screenshot lalu diposting di fanpage dan akun sosmed bisnis Anda lainnya. Bisa juga Anda gunakan sebagai bahan materi untuk membuat iklan advertorial.
  4.     Marketing gratis :    Selain menuliskan testimoni dalam bentuk tulisan, konsumen yang merasa puas akan secara otomatis menyampaikan tertimoni secara lisan atau memberitahukan kepada orang lain tentang produk Anda. Selain itu, mereka yang melek sosial media pasti senang sekali memamerkannya di akun sosmednya.
Jadi dapat kita simpulkan bahwa testimoni bisnis online sangat penting dalam kelanjutan bisnis kita dikemudian hari?
Baca juga : Masih Ragu Dengan Hukum Dropshipping, Ini Solusinya! 
  
   Sumber : PengusahaMuslim.com [Teguh Zahir/PM]