Breaking News
Loading...

5 Kesalahan Yang Harus Dihindari Ketika Memulai Bisnis Online

5 Kesalahan Yang Harus Dihindari Ketika Memulai Bisnis Online
5 Kesalahan Yang Harus Dihindari Ketika Memulai Bisnis Online - Memulai sebuah bisnis online bisa menjadi cara yang ideal untuk menyalurkan semangat kewirausahaan Anda yang tengah menggebu-gebu dengan impian Anda akan menjadi bos dalam usaha yang digeluti. Tapi sebelum Anda mengambil langkah lebih jauh ke dalam dunia bisnis online, alangkah baiknya untuk memeriksa lima kesalahan umum yang biasanya dibuat oleh pemula. Dimana dengan menghindari kesalahan-kesalahan ini akan membuat proses awal bisnis Anda akan berjalan lebih baik hingga pada akhirnya.

Salah Memilih Nama Website dan Hosting Yang Tepat

Memulainya dengan memiliki sebuah situs web karena bisnis online sedikit kurang greget apabila kita tidak memiliki website yang akan menjadi acuan bagi para pelanggan nantinya. Jadi Anda benar-benar harus fokus dan menyediakan banyak waktu mengelolanya diawal perjalanan bisnis. Pastikan bahwa Anda mempekerjakan pengembang web profesional sehingga website Anda dapat bisa responsif, mudah digunakan, menarik, serta dioptimalkan.

Selain website yang bagus serta menarik masalah hosting juga harus bagus. Jangan sampai website kita sering down dan lemot. Hal ini untuk menjaga situs Anda dan berjalan 24/7 secara baik. Apabila anda gagal dalam proses ini orang-orang tidak akan pernah balik lagi berkunjung dan meninggalkan website Anda, dan yang pasti keuntungan Anda akan sangat susah tercapai.

5 Kesalahan Yang Harus Dihindari Ketika Memulai Bisnis Online

Terlalu Fokus pada Hal yang  Tidak Penting

Ketika pertama kali memulainya, beberapa pemilik usaha bisnis online akan terlalu fokus pada hal-hal kecil yang sebenarnya tidak signifikan dan tidak penting. Jadi daripada mengkhawatirkan tentang desain logo perusahaan Anda atau bagaimana kartu bisnis Anda akan terlihat menarik, akan lebih baik fokuslah pada pekerjaan yang perlu ditangani lebih serius, seperti mengelola keuangan atau membangun rencana bisnis yang harus diselesaikan lebih awal.

Kurang Promosi di Social Media

Saat ini media sosial dapat dijadikan sebagai media yang sangat berguna, dimana Anda dapat melakukan promosi bisnis online atau produk Anda yang secara langsung terhubung dengan pelanggan yang bisa ditargetkan dengan tepat.

Ketika Anda membangun merek produk atau bisnis online Anda usahakanlah dengan sedikit strategi menganalisa target. Kita perlu tahu tentang dimana demografis target yang sangat menyukai produk Anda tersebut. Misalnya dengan menggunakan media sosial Twitter dan Facebook sebelum kemudian ke Instagram atau YouTube. Atau, Anda bisa pertimbangkan menyewa jasa pihak ketiga untuk mengelola akun media sosial Anda.


Tidak Fokus dengan Layanan Pelanggan

Banyak faktor yang membuat pelayanan pelanggan menjadi bagian yang sangat penting. Bagaimana Anda akan membuat pelanggan Anda puas dan datang kembali untuk transaksi berikutnya? Apakah Anda menawarkan layanan 24/7 dan didukung sistem live chat? Jika hal demikian diperlukan, maka berinvestasilah dalam mencari staf layanan pelanggan untuk menangani proses tersebut. Sebab keterhubungan bisnis online Anda dengan pelanggan di media sosial haruslah tetap terjaga agar pelanggan Anda merasa sangat diperhatikan. Selain menjawab pertanyaan-pertanyaan, penawaran, apalagi mendengarkan keluhan mereka pun perlu dilakukan sebab bisa jadi hal tersebut menjadi bonus atau kelebihan layanan Anda pada mereka.

Mempekerjakan Orang Salah

Pertama-tama tidak mudah untuk merekrut karyawan yang mengerti secara tepat bagaimana pola dan sistem yang Anda terapkan di bisnis online Anda. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk meluangkan waktu dan melakukan banyak penelitian dalam menemukan kandidat pegawai yang ideal untuk posisi yang Anda perlukan. Carilah orang yang tidak memiliki keterampilan dan keahlian yang sama dengan apa yang bisa Anda lakukan, dan pastikan mereka memiliki kepribadian baik, jujur, disiplin serta sesuai dengan budaya bisnis Anda .

Demikianlah usalan singkat tentang 5 Kesalahan Yang Harus Dihindari Ketika Memulai Bisnis Online, Insyaallah Anda dapat memposisikan bisnis online Anda pada jalur kesuksesan.Semoga bermanfaat.

Baca juga artikel kami sebelumnya : 4 Cara Mengembangkan Bisnis Pelajaran Bisnis ini di Balik Kesuksesan Pokemon GO! 

Foto: disabledentrepreneurs.co.uk