Breaking News
Loading...

Ini Dia, Tips Memilih Lokasi Usaha Yang Tepat

Ini Dia, Tips Memilih Lokasi Usaha Yang Tepat
IdePeluangBisnis.infoTips Memilih Lokasi Usaha Yang Tepat - Menjadikan usaha kita sukses dan berjaya sebenarnya susah-susah gampang, banyak faktor yang bisa membuat roda usaha yang kita jalankan meraih kesuksesan. Di antaranya dipengaruhi jenis produk, harga produk, seberapa unik produk yang kita jual, dan yang pasti dimana lokasi tempat usaha kita tersebut. Lokasi usaha yang strategis akan sangat mempengaruhi produk atau jasa yang kita tawarkan, menentukan laku atau tidaknya produk kita tersebut. Namun menemukan lokasi strategis yang sesuai dengan kantong bisa dikatakan tidaklah mudah.
Jadi dari sisi jenis dan sifat usaha menjadi pertimbangan pula dalam menentukan lokasi temapt usaha. Misalnya jika usaha kita di bidang barang kebutuhan harian, pilihlah lokasi di jalan utama, ramai dilalui orang dan kendaraan atau yang dekat dengan pemukiman penduduk. Kemudian pertimbangkan juga akses ke lokasi usaha yang mudah dijangkau. Lokasi yang strategis juga menjadi pertimbangan konsumen dalam memilih suatu penyedia produk atau jasa.

Tips Memilih Lokasi Usaha Yang Tepat
Tips Memilih Lokasi Usaha Yang Tepat



Baca juga : Mari, Memulai Bisnis Dari Pendidikan 

Berikut sejumlah tips yang kami lansir dari Pengusahamuslim.com  tentang hal-hal apa saja yang harus diperhatikan dalam hal memilih lokasi usaha yang strategis:

1. Akses
Arus orang dan kendaraan serta kemudahan akses menuju lokasi usaha juga harus dipertimbangkan. Dengan memilih lokasi dimana banyak orang yang berlalu lalang serta akses yang tidak rumit akan membuka peluang kunjungan konsumen.

2. Mudah terlihat

Memilih tempat yang mudah terlihat akan membuat tempat usaha Anda cepat dikenal banyak orang. Jika usaha yang Anda jalankan adalah ritel, consumer goods, atau fashion, akan membutuhkan tempat yang mudah dilihat banyak orang sehingga dapat menarik konsumen serta menekan biaya promosi.

3. Sewa tempat
Adalah hal yang wajar jika lokasi yang strategis mematok harga sewa yang tinggi. Inilah yang harus Anda pertimbangkan. Sewa tempat yang mahal secara bertahap akan tertutup dengan keuntungan yang Anda peroleh setiap bulannya. Tentunya Anda harus membuat kalkulasi yang cermat sebelum memutuskan menyewa tempat tersebut.

4. Dekat dengan konsumen
Tentukan dahulu siapa yang menjadi target pasar Anda, apakah untuk umum, wanita, anak-anak, atau segmen tertentu. Membuka usaha dilokasi yang dekat dengan konsumen akan memudahkan mereka untuk.mengunjungi tempat usaha Anda, terlebih mereka bisa menghemat waktu dan biaya.

5.Lingkungan sekitar tempat usaha
Tempat usaha juga tidak bisa dilepaskan dari lingkungan sekitarnya yang turut mempengaruhi image usaha serta minat pelanggan untuk berkunjung. Sebab aspek psikologis dan pencitraan juga mempengaruhi misalnya jangan sampai usaha kuliner berdektan dengan tempat bengkel mobil atau tempat cucian mobil.

6. Perijinan
Jangan mengabaikan masalah legalitas, baik legalitas usaha, produk yang dijual, atau legalitas tempat usaha. Mengabaikan hal ini akan mengakibatkan resiko yang besar bagi usaha Anda. Jangan sampai saat usaha Anda sudah berjalan namun harus menghadapi masalah perijinan,misalnya legalitas tempat usaha.

Selain dari hal-hal di atas, insting bisnis dari dalam diri kita juga turut berkontribusi dalam pemilihan tempat atau lokasi usaha. Yang perlu diingat dalam memilih lokasi adalah belum ada usaha serupa atau belum banyak pesaing dalam radius 500 meter dari tempat kita saat ini.

Baca juga : Seorang Wirausahawan Harus Punya Tekad Berani Sukses 

Demikianlah tulisan Tips Memilih Lokasi Usaha Yang Tepat. Semoga bermanfaat.